Rusia Siap Produksi Pesawat Sukhoi Su-35 Limited Edition, Khusus untuk TNI AU Indonesia

- 7 Juni 2020, 00:43 WIB

PORTAL MALANG RAYA - Rusia gigih meyakinkan Indonesia agar bersedia membeli jet tempur miliknya, Sukhoi tipe Su-35. Bahkan Rusia berjanji akan produksi secara khusus SU-35 miliknya sesuai permintaan Angkatan Udara Indonesia. Bisa dikatakan, Su-35 yang akan Indonesia terima adalah edisi khusus (limited edition)

Tawaran untuk memodifikasi Su-35 dilakukan oleh Rusia untuk menarik minat Indonesia agar membeli Su-35. Seperti yang dilansir oleh defenseworld, dari TV Zvezda yang merupakan saluran resmi Kementerian Pertahanan Rusia.

Baca Juga: Maria Vania Berbagi Tips Bikin Dada Kencang dan Indah

Mengutip juru bicara Rosoboronexport, agensi yang bertanggung jawab memasarkan pesawat.

"Rusia dapat memasok Indonesia dengan pesawat tempur multiguna Su-35 terbaru, kita akan lakukan modifikasi sebanyak mungkin menyesuaikan kebutuhan pelanggan (red: Indonesia). Kami yakin ini adalah pilihan terbaik untuk meningkatkan efektivitas tempur Angkatan Udara Indonesia,".

Tawaran memodifikasi pesawat sesuai kebutuhan TNI AU, memberikan tanda tanya besar pada status negosiasi yang dikatakan telah selesai pada tahun 2017.

Baca Juga: Galaxy S20 Akan Meluncur September Tahun Ini, Dilengkapi Dengan Fitur Night Vision ala Militer

Faktanya, belum ada pernah dilakukan penandatanganan kontrak antara Jakarta dan Moskow, terkait pembelian 10 jet tempur Su-35 senilai sekitar $ 1,14 miliar. Negosiasi dikabarkan mengalami kebuntuan. Dikarenakan masalah seperti perhitungan harga untuk barang barter, dan kedua negara tidak mampu menegosiasikan kesepakatan pertukaran mata uang untuk menggantikan dolar AS, sebagai pelunasan sisa pembayaran tunai setelah kesepakatan barter selesai.

Beberapa sumber industri mengatakan kepada defenseworld.net sebelumnya bahwa perjanjian 2018 tentang penjualan Su-35 antara Jakarta dan Moskow menyangkut mekanisme pendanaan penjualan (barter plus uang tunai) dan bukan kesepakatan tentang pengiriman. Perjanjian tersebut juga termasuk offset 35% untuk dinegosiasikan secara terpisah antara PT Perusahaan Perdagangan dan Rostec Rusia.

Baca Juga: Picu Perang Dunia III, Militer Cina Bangun Lapangan Udara di Tanah Sengketa Tiga Negara

Halaman:

Editor: Ratri Ni'mah

Sumber: jurnalpresisi.pikiran-rakyat.com


Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X