Tips Memilih Oli untuk Skuter Matik, Awas Jangan Salah Pilih

- 10 Juni 2020, 14:12 WIB
Mesin skuter matik butuh oli khusus istimewa

PORTAL MALANG RAYA - Setiap motor mempunyai oli yang direkomendasikan untuk mesinnya. Salah pilih oli, tak hanya bikin performa motor menurun, bahkan berbahaya. Dalam pemakaian jangka panjang, malah berpotensi bikin mesin rusak.

Khususnya motor jenis skuter matik. Seperti Honda ADV 150, Yamaha NMAX, Honda Beat, Yamaha Mio dan lain-lain. Sebab, motor matik mempunyai kebutuhan oli yang berbeda dibanding motor jenis sport atau bebek.

Baca Juga: Inilah Foto Permukaan Matahari yang Diabadikan Dosen Fotografi Inggris

“Untuk kapasitas mesin yang sama, mesin motor skuter matik lebih kompak dan kecil. Dibanding motor jenis bebek maupun sport. Tapi, mempunyai beban kerja lebih berat,” jelas Peter Dionisius, Manajer Promosi PT Autochem Industry, produsen oli Master dan Prestone.

Selain itu, mesin skuter matik mempunyai putaran mesin lebih tinggi. Makanya mesin skuter matik cepat panas. Oli pun cepat menguap. Itulah beberapa alasan mesin matik butuh oli khusus.

Baca Juga: Mau Berhenti Merokok? Gunakan 5 Bahan Makanan Ini

Jika dilihat spek oli yang dikeluarkan pabrikan, oli mesin matik tidak terlalu encer, dan juga tidak terlalu kental. Hal ini bisa dilihat dari tingkat viskositas atau SAE. Seperti Master Durability yang dirancang khusus motor matik dengan SAE 10W-30.

Karena saking pentingnya, produsen oli lainnya seperti Shell, Pertamina, Yamalube, Castrol juga mengeluarkan oli dengan spesifikasi khusus motor matik.

Jadi, jangan salah pilih oli ya.***

Baca Juga: Mau Cepat Kaya? Amalkan Ilmu Pesugihan dari Kyai Sepuh Ini

Halaman:

Editor: Ratri Ni'mah


Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X