Inilah yang Dilakukan Nabi Muhammad SAW Saat Gerhana Matahari

- 20 Juni 2020, 20:24 WIB
GERHANA Matahari Cincin ( GMC) dan Cincin Api Solstis terjadi pada 21 Juni 2020, apakah di Indonesia akan dilalui fenomena tersebut? .*/Instagram @lapan_ri

PORTAL MALANG RAYA– Fenomena langka akan terjadi tanggal 21 Juni 2020. Terjadi Gerhana Matahari Cincin Api Solistis.

Gerhana serupa terakhir kali terjadi pada 21 Juni 1648. Lalu, bagaimana sikap orang muslim menghadapi gerhana matahari

 

Gerhana matahari juga pernah terjadi di zaman Rasulullah SAW. Bertepatan setelah wafatnya putera Rasulullah yang bernama Ibrahim.

Baca Juga: Wiridan Agar Terhindar Corona dari Gus Mus, Pendek dan Gampang Diamalkan

Seperti diriwayatkan dari Al-Mughirah Ibnu Syu'bah RA berkata: Pada zaman Rasulullah SAW pernah terjadi gerhana matahari yaitu pada hari wafatnya Ibrahim.Lalu orang-orang berseru: Terjadi gerhana matahari karena wafatnya Ibrahim.


عَنِ اَلْمُغِيرَةِ بْنِ شُعْبَةَ رضي الله عنه قَالَ: ( اِنْكَسَفَتِ اَلشَّمْسُ عَلَى عَهْدِ رَسُولِ اَللَّهِ صلى الله عليه وسلم يَوْمَ مَاتَ إِبْرَاهِيمُ, فَقَالَ اَلنَّاسُ: اِنْكَسَفَتِ اَلشَّمْسُ لِمَوْتِ إِبْرَاهِيمَ, 
فَقَالَ رَسُولُ اَللَّهِ صلى الله عليه وسلم "إِنَّ اَلشَّمْسَ وَالْقَمَرَ آيَتَانِ مِنْ آيَاتِ اَللَّهِ لَا يَنْكَسِفَانِ لِمَوْتِ أَحَدٍ وَلَا لِحَيَاتِهِ, فَإِذَا رَأَيْتُمُوهُمَا, فَادْعُوا اَللَّهَ وَصَلُّوا, حَتَّى تَنْكَشِفَ" ) مُتَّفَقٌ عَلَيْهِ. وَفِي رِوَايَةٍ لِلْبُخَارِيِّ: ( حَتَّى تَنْجَلِىَ )

Maka Rasulullah SAW bersabda: "Sesungguhnya matahari dan bulan adalah dua tanda di antara tanda-tanda kekuasaan Allah. Keduanya tidak terjadi gerhana karena kematian dan kehidupan seseorang. Jika kalian melihat keduanya berdo'alah kepada Allah dan sholatlah sampai kembali seperti semula." Muttafaq Alaihi. Menurut riwayat Bukhari disebutkan: "Sampai terang kembali."

Baca Juga: Waduh! SpongeBob Ternyata Gay. Masih Mau Nonton Kartunnya?

Dalam hadits tersebut Rasulullah tegas menyatakan bahwa terjadinya gerhana adalah semata – mata menunjukkan tanda kebesaran Allah dan bukan merupakan tanda akan terjadinya sesuatu.

Halaman:

Editor: Cak Ipunk


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X