Tak Kapok, Kapal Berbendera Asing Masih Incar Kekayaan Laut Indonesia

- 12 November 2020, 21:21 WIB
kapal nelayan berbendera Malaysia ditangkap TNI AL karena diduga mencuri ikan di perairan ZEE Indonesia di Selat Malaka. //RRI

PORTAL MALANG RAYA - Seperti tak pernah kapok, setelah kapal Malaysia minggu kemarin tertangkap basah sedang melakukan illegal fishing di lautan wilayah Indonesia. Baru-baru ini ditemukan kasus yang sama, dengan pelaku yang berbeda.

Kali ini, pemerintah Indonesia menangkap beberapa kapal berbendera asing yang sedang mengeruk kekayaan lautan Indonesia.

Dilansir dari RRI, penangkapan ini menambah daftar panjang kasus pelanggaran kapal asing yang melakukan pelanggaran di wilayah lautan Indonesia.

Menurut catatan, terdapat 80 kapal, dengan rincian 59 Kapal Ikan Asing (KIA) serta 19 Kapal Ikan Indonesia (KII) yang telah ditangkap KKP di bawah komando Menteri KKL Edhy Prabowo.

Adapun kapal-kapal ikan berbendera asing itu terdiri dari 27 KIA berbendera Vietnam, 16 KIA berbendera Filipina, 17 KIA berbendera Malaysia, dan 1 KIA berbendera Taiwan.

Baca Juga: Baca Juga: Waduh, ILC Dibatalkan Mendadak, Fadli Zon: Ini Pembungkaman di Era Kebebasan Pers

Penangkapan ikan asing berbendera Malaysia kali ini dilakukan oleh KP Hiu 01 milik Direktorat Jenderal Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP).

Menurut Dirjen PSDKP, Tb Haeru Rahayu, KP Hiu 01 meringkus dua KIA berbendera Malaysia di Perairan ZEE Indonesia, tepatnya di Wilayah Pengelolaan Perikanan Negara Republik Indonesia (WPPNRI) 571 Selat Malaka pada koordinat 03°10, 325' Lintang Utara (LU) - 100°30,318' Bujur Timur (BT) dan titik 03°13, 615' LU - 100°37,008' BT.

Tebe mengungkapkan penangkapan dua kapal dilakukam pukul 07.10 WIB dan pukul 08.40 WIB. Kedua kapal berbendera Malaysia ini yakni KM. SLFA 5223 KM. PKFB 1786 dengan masing-masing diawaki oleh 3 dan 4 awak kapal.

Halaman:

Editor: Zaini Rahman


Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X