Menlu Retno Marsudi Mendadak Lakukan Pertemuan dengan Menlu Qatar Bahas Afghanistan, Ada Apa?

- 13 Februari 2021, 12:10 WIB
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi selaku ketua Covax, asosiasi vaksin dunia. /Kemlu RI

PORTAL MALANG RAYA - Menteri Luar Negeri RI, Retno L.P. Marsudi melanjutkan kunjungan ke Doha, Qatar setelah kunjungan kerja ke Yordania. Kunjungannya ke Qatar dumaksudkan untuk melakukan pertemuan dengan Wakil Perdana Menteri/Menteri Luar Negeri Qatar, YM Sheikh Mohammed Bin Abdulrahman Al Thani, tanggal 11 Februari 2021.

Kedua Menlu sepakat untuk terus perkuat kerja sama bilateral, terutama di bidang ekonomi. Beberapa fokus kerjasama yang saat ini sedang dilakukan adalah pada bidang investasi untuk telekomunikasi, pariwisata dan listrik.

"Kita harus terus mengawal kerja sama ekonomi kedua negara agar dapat mempercepat proses pemulihan ekonomi pasca pandemi”, ucap Menlu RI.

Dilansir dari media milik Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia, tren perdagangan Indonesia-Qatar dalam 5 tahun terakhir (2015-2019) terus mengalami kenaikan sekitar 11,53%.

Baca Juga: 4 Zodiak yang Diramal Bakal Bisa Punya Rumah Sendiri di Tahun 2021, Cek Siapa Tau Kamu Salah Satunya!

Investasi negata Qatar di Indonesia dalam 3 tahun terakhir ini berfokus pada bidang pariwisata dan energi. Pada tahun 2020, realisasi investasi Qatar di Indonesia mencapai nilai USD 6,2 juta, naik lebih dari 30 kali lipat dibanding nilai investasi tahun 2018.

Selain membahas kerjasama di bidang ekonomi, kedua Menlu juga melakukan tukar pikiran mengenai beberapa isu kawasan, terutama proses perdamaian di Afghanistan. Dalam pertemuan tersebut, keduanya menyepakati beberapa hal, diantaranya:

- Kedua Menlu sepakat pentingnya dukungan internasional untuk menjaga momentum proses perdamaian;

- Kedua Menlu sepakat bahwa proses perdamaian diharapkan bergulir lebih cepat. Oleh karena itu diperlukan komitmen tinggi dari semua pihak.

- Qatar apresiasi peran Indonesia yang memberikan fokus perhatian pada peran perempuan di Afghanistan.

Halaman:

Editor: Harbhimanyu Wicaksono

Sumber: kemlu.go.id


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

X