Perdana, Mendikbud Nadiem Makarim Didampingi Stafsus Presiden Kunjungi Kampung Adat di Papua

- 13 Februari 2021, 11:40 WIB
Mendikbud Nadiem Makarim saat mengunjungi Papua /Setkab/

PORTAL MALANG RAYA - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim Anwar melakukan kunjungan kerja (kunker) ke kampung adat dan kampung wisata Malaumkarta, Kabupaten Sorong, Provinsi Papua Barat, Kamis 11 Februari 2021 dengan didampingi Staf Khusus (Stafsus) Presiden Billy Mambrasar.

Kunjungan Mendikbud ke Sorong tersebut merupakan salah satu bagian dari agenda kunjungan kerja Nadiem di Provinsi Papua Barat, sejak Rabu 10 Februari 2021.

Billy mambrasar menyatakan bahwa kunjungan Nadiem Makarim Anwar ke sorong merupakan kunjungannya yang pertama ke tanah papua.

"Ini merupakan kunjungan pertama Mas Menteri ke Tanah Papua, dan beliau memilih Sorong, Papua Barat, sebagai pijakan kaki pertamanya, dan bertemu dengan masyarakat Suku Moi, sebagai suku dari ratusan suku Papua lainnya, yang pertama beliau ajak diskusi,” ujar Billy Mambrasar yang juga merupakan putra asli Papua asal Biak.

Baca Juga: Lahir Tanpa Lengan, Vitoria Bueno Berhasil Wujdukan Mimpinya Menjadi Balerina

Dilansir dari situs milik sekretariat kabinet, kampung Malaumkarta yang dikunjungi oleh Mendikbud terletak di Distrik Makbon, berjarak hampir 40 Kilometer dari Kota Sorong apabila ditempuh melalui perjalanan darat.

Kampung Malaumkarta sendiri merupakan tempat tinggal dari Suku Moi, yang merupakan suku asli pemilik hak ulayat, di hampir sebagian besar wilayah Kota dan Kabupaten Sorong.

Dalam kunjungannya ke kampung Malaumkarta, Mendikbud menampung aspirasi dari kepala perwakilan adat Suku Moi, yang berasal dari berbagai Sub Suku Moi mengenai pelestarian budaya dan bahasa suku-suku asli di Papua.

Beberapa aspirasi yang disampaikan oleh perwakilan Suku Moi diantaranya adalah Pendirian SMK Pariwisata dan Perikanan di wilayah Malaumkarta, Distrik Makbon, dan juga upaya untuk melestarikan bahasa-bahasa asli Suku Moi dengan mengintegrasikannya ke dalam kurikulum.

Baca Juga: KTM Luncurkan RC16, dan Bersiap Tuai Hasil Positif Pada MotoGP 2021

Halaman:

Editor: Harbhimanyu Wicaksono

Sumber: Setkab


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

X