Bangun Proyek Strategis Nasional, NTT Dapat Alokasi APBN Rp 149,8 Triliun

- 12 Februari 2021, 17:13 WIB
Turing Flores - Bukit Cinta, Labuan Bajo /Heru Nugroho

 

PORTAL MALANG RAYA - Pemerintah berencana akan melakukan pembangunan total di Nusa Tenggara Timur (NTT). Pasalnya, alokasi anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN) untuk pembangunan infrastruktur di NTT sebanyak Rp 149,8 triliun pada 2021.

Seperti dilansir dari Antara, hal ini disampaikan oleh Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Nusa Tenggara Timur yang mencatat dana APBN tersebut, pada Jumat 12 Februari 2021.

"Pagu APBN Kementerian PUPR untuk pembangunan infrastruktur di NTT naik hingga 129,3 persen secara year on year (yoy)," ucap I Nyoman Ariawan Atmaja, Kepala Perwakilan BI NTT I.

Peningkatan dana APBN kepada NTT ini didorong terutama oleh pembangunan infrastruktur proyek strategis nasional di NTT yang merupakan provinsi berbasis kepulauan.

Baca Juga: Peninjauan Kembali Kesepakatan AS-Taliban, Wapres Afghanistan: Terkesan Gegabah

Beberapa contoh disebutkan oleh Ariawan terkait pembangunan di NTT, di antaranya pembangunan bendungan Temef di Kabupaten Timor Tengah Selatan, Bendungan Napun Gete di Kabupaten Sikka, dan Bendungan Manikin di Kabupaten Kupang.

Tak hanya itu, ada juga pembangunan Pelabuhan Kupang, terminal multipurpose, Bandar Udara Komodo Labuan Bajo, Pusat Kawasan Strategis Nasional (PKSN) Atambua di Kabupaten Belu, serta pembangunan dan peningkatan jalan nasional.

I Nyoman Ariawan Atmaja ini juga menyebutkan naiknya alokasi APBN untuk pembangunan infrastruktur di NTT ini guna memberi rasa optimisme terhadap pemulihan ekonominya yang meningkat di tahun 2021.

Halaman:

Editor: Zaini Rahman


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

X