Menko Airlangga Hartarto Tetapkan Lima Strategi Untuk Kendalikan Inflasi 2021

- 12 Februari 2021, 16:00 WIB
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto. / Twitter/@airlangga_hr /

PORTAL MALANG RAYA – Sebagai usaha dalam mengendalikan inflasi, pemerintah dan Bank Indonesia telah menyepakati lima strategi yang akan dilakukan pada tahun 2021.

“Inflasi yang rendah dan stabil diharapkan bisa mendukung pemilihan perekonomian serta pertumbuhan ekonomi yang kuat dan berkesinambungan menuju Indonesia maju,” ujar Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, dikutip Portal Malang Raya dari laman Antara, Jumat, 12 Februari 2021.

Pertama, menjaga inflasi kelompok bahan pangan bergejolak (volatille food) dalam kisaran 3-5 persen.

Baca Juga: Tarik Kepercayaan Masyarakat, Vaksinasi Tahap II di Kota Malang Undang Sosok Crazy Rich Sebagai Influencer

Upaya ini dilakukan dengan memperkuat empat pilar strategi yang mencakup keterjangkauan harga, ketersediaan pasokan, kelancaran distribusi, dan komunikasi efektif (4K) di masa pandemi Covid-19.

Selain itu, menjaga ketersediaan pasokan dan kelancaran distribusi terutama dalam mengantisipasi kenaikan menjelang Ramadan dan Idul Fitri pada April dan Mei 2021 serta Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) lainnya.

Implementasi strategi difokuskan untuk menjaga kesinambungan pasokan sepanjang waktu. Serta menjaga kelancaran distribusi antardaerah antara lain lewat pemanfaatkan teknologi informasi dan penguatan kerjasama antardaerah.

Kedua, yakni memperkuat koordinasi Pemerintah Pusat dan Daerah dalam pengendalian inflasi melalui penyelenggaraan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pengendalian Inflasi 202.

Baca Juga: Tinjau Langsung di Lokasi Pengungsian, Mensos Risma : Korban Banjir Jangan Sampai Terlantar

Poin ketiga, adalah memperkuat sinergi antar-kementrian dan lembaga dengan dukungan pemerintah daaerah dalam rangka menyukseskan program tim Pengendalian Inflasi Pusat (TPIP) 2021.

Halaman:

Editor: Harbhimanyu Wicaksono

Sumber: ANTARA


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

X