Alhamdulillah! Pemerintah Sediakan Kuota Satu Juta Perjanjian Kerja PPPK Bagi Guru Honorer

- 12 Februari 2021, 07:30 WIB
Mendikbud Nadiem Makarim /dok. Setkab/

PORTAL MALANG RAYA - pemerintah Indonesia telah telah membuka kuota hingga satu juta guru pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) bagi guru honorer segala usia. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim mengatakan bahwa dibukanya seleksi PPPK ini merupakan sebuah upaya dari pemerintah untuk menyelesaikan masalah kekurangan guru dan kesejahteraan guru honorer di berbagai daerah yang ada selama ini.

"Kita berikan kesempatan yang adil dan demokratis bagi semua guru honorer untuk bisa menjadi PPPK. Guru honorer tidak lagi harus antre menjadi PPPK dan tidak ada batasan usia untuk ikut seleksi,” ujar Mendikbud saat berdiskusi dengan warga sekolah di Sekolah Luar Biasa Negeri (SLBN) Kabupaten Sorong, Papua Barat, pada hari Rabu, 10 Februari 2021.

Nadiem menyatakan bahwa status dari PPPK dan PNS tidaklah berbeda, karena apabila mengacu pada Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014, status keduanya sama-sama Aparatur Sipil Negara (ASN).

Baca Juga: Kalahkan Tigres, Bayern Munich Juara Piala Dunia Antar Klub

Sehingga, nantinya hak berupa gaji dan tunjangan keduanya juga sama.

“Gaji dan tunjangan PPPK sama dengan PNS. Uang yang diterima tiap bulan itu akan sama, semoga tidak lagi ada mispersepsi,” ujar Nadiem.

Dikutip dari situs resmi Sekretariat Kabinet Republik Indonesia, dalam proses seleksi PPPK yang akan diadakan oleh negara, Kemendikbud akan tetap menjaga kualitas guru dengan cara melalui proses seleksi yang sudah ditentukan sebelumnya. Bukan dengan pertimbangan lamanya mengajar ataupun adanya rekomendasi dari beberapa pihak.

“Undang-undang tidak memperbolehkan kita mengangkat PPPK dan PNS tanpa seleksi,” kata Mendikbud menegaskan.

Namun, Nadiem juga meminta para guru honorer yang mengikuti seleksi tidak berkecil hati, apabila belum bisa dinyatakan lulus pada tahun ini.

Baca Juga: German Open Super Resmi Dibatalkan akibat Pandemi Covid-19

Halaman:

Editor: Harbhimanyu Wicaksono

Sumber: Setkab.go.id


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

X