Waspada Dampak La Nina dan Curah Hujan Akhir Desember Semakin Meningkat, Begini Penjelasan BMKG

- 10 Desember 2020, 21:02 WIB
Pohon tumbang terjadi di sejumlah lokasi Kabupaten Cianjur akibat hujan deras dan angin kencang /*Literasi News/Nabiel Purwanda

PORTAL MALANG RAYA - BMKG memprediksi akhir Desember 2020 curah hujan dan dampak La Nina akan mencapai puncaknya.

Hal tersebut diutarakan oleh Kepala Badan Meteorologi dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati mengingat dampak La Nina dapat menyebabkan tingginya rata-rata hujan hingga 20 persen diatas normal.

"Saat ini kita mendekati akhir Desember, pada pekan terakhir Desember, curah hujan akan semakin meningkat apalagi ada dampak La Nina ," ujar Dwikorita Karnawati dalam sambutan secara daring pada pembukaan sekolah Lapang Iklim di Magelang, Kamis, 10 Desember 2020.

Baca Juga: Minta Masyarakat Sabar Menanti Proses Penyelidikan, Politisi Demokrat: 'Indonesia Negara Hukum'

Mengantisipasi hal tersebut, ia juga memaparkan bahwa masyarakat harus waspada karena dengan adanya kondisi tersebut karena dapat memicu terjadinya bencana hidrometerologi dapat terjadi. 

"Di Kabupaten Magelang beberapa wilayah yang rawan longsor sehingga perlu kewaspadaan mengantisipasi potensi longsor ini. Mohon dicek kawasan lereng-lereng, ciri akan longsor antara lain ditandai tanah retak, tiba-tiba pohon miring, dan muncul mata air pada lereng," jelasnya.

Ia menjelaskan kepada masyarakat apabila ada kejadian tersebut maka, segera melaporkan ke pihak yang berwenang agar dapat dilakukan upaya antisipasi.

Baca Juga: Habib Rizieq Tersangka, Musni Umar: Kerumunan Itu Bukan Sebab HRS, Tapi Memang Ada Panitianya

"Kami memprediksi musim hujan akan berakhir sekitar Mei 2021," imbuhnya.

Koordinator BMKG Jateng adalah sebagai penanggung jawab kegiatan SLI yang sedang berlangsung di Desa Ngablak,Kabupaten Magelang Tuban Wiyoso.

Halaman:

Editor: Harbhimanyu Wicaksono

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Terkait

Terkini

X