Kemensos dan Kemendagri Keluarkan e-KTP untuk Permudah Warga Dapat Bansos

- 10 Februari 2021, 11:24 WIB
Petugas memotret identitas penerima bantuan sebagai tanda bukti saat penyaluran bantuan sosial (bansos) tunai di Kantor Desa Sindangherang, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Kamis (24/12/2020). /ANTARA FOTO/Adeng Bustomi//aww./

 

PORTAL MALANG RAYA - Pemerintah akan mempermudah warga untuk mendapatkan dan mengakses program bantuan sosial. Hal ini disampaikan oleh Kementerian Sosial (Kemensos) RI yang akan bekerja sama dengan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Kemensos bersama dengan Kemendagri akan mengeluarkan elektronik kartu tanda penduduk (e-KTP) bagi warga terlantar guna memudahkan mereka untuk mengakses bantuan sosial dari pemerintah.

"Kalau sudah punya KTP akan memudahkan mereka mendapatkan bantuan dari pemerintah. Tidak hanya bantuan dari Kemensos tapi juga dari kementerian/lembaga lain yang menyaratkan e-KTP," ucap Sekretaris Direktorat Jenderal (Ditjen) Rehabilitasi Sosisal Kemensos Idit Supriadi Priatna.

Baca Juga: Setelah Covid-19, Bill Gates Sebut 2 Hal yang Membuat Manusia Tak Akan Sanggup Atasi Pandemi Berikutnya

Dari data yang dihimpun, ada 56 warga terlantar dari Balai Karya Pangudi Luhur Bekasi, Lembaga Kesejahteraan Sosial (LKS) Swara Peduli dan LKS Sekar yang diberi akses untuk mendapatkan e-KTP.

56 warga yang mendapatkan e-KTP tersebut akan dimasukkan ke dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) agar bisa mengakses beberapa program bantuan.

Program bantuan tersebut di antaranya, Program Atensi, Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Sosial Tunai (BST) yang merupakan program dari Kementerian Sosial.

Selain itu mereka juga akan dipermudah untuk mengakses bantuan dengan menggunakan e-KTP ini dari kementerian/lembaga lain seperti Kartu Indonesia Sehat (KIS), Kartu Keluarga Sejahtera (KKS), dan juga Kartu Indonesia Pintar (KIP).

Halaman:

Editor: Zaini Rahman


Tags

Artikel Terkait

Terkini

X