Untuk Kedua Kalinya, Musrenbang Kota Malang Bakal Libatkan Para Pemuda

- 10 Februari 2021, 10:55 WIB
Wakil Wali Kota Malang, Ir. H. Sofyan Edi Jarwoko dalam Pra Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Tematik Pemuda dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) 2022 /malangkota.go.id/

PORTAL MALANG RAYA - Pemerintah Kota Malang mengadakan Pra Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Tematik Pemuda dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) 2022 di Paramount Ballroom 1 Hotel Atria Malang pada hari Selasa, 9 Februari 2021.

Acara ini juga turu dihadiri oleh Wakil Wali Kota Malang, Ir. H. Sofyan Edi Jarwoko. Dalam sambutannya, Bung Edi sapaan Sofyan Edi Jarwoko mengungkapkan bahwa Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) mengadakan musrenbang tematik agar dapat menjadi sarana partisipasi dan penyampaian aspirasi kelompok masyarakat.

Acara Pra Musrenbang kali ini sendiri membawa tema "Peran Pemuda dalam Pemantapan Industri Kreatif dan Pemulihan Sosial Ekonomi Kota Malang".

Baca Juga: Dukung Pelaksanaan Kebijakan Reformasi Birokrasi, Wapres Ma'ruf Amin Meminta Evaluasi Menyeluruh

Dilansir dari situs resmi Pemerintah Kota Malang, Wakil Walikota Malang mengatakan bahwa acara Musrenbang yang turut mengajak serta pemuda ini sudah terjadi sebanyak dua kali. Di mana setiap Musrenbang, tiap daerah diberikan kewenangan untuk menyusun rencana pembangunannya masing-masing.

"Musrenbang pemuda ini telah dilakukan untuk kedua kalinya. Setiap daerah diberi kewenangan untuk menyusun rencana pembangunan daerah berorientasi pada proses. Hal itu menjadi satu kesatuan dalam sistem perencanaan pembangunan nasional dengan menggunakan pendekatan teknokratik, partisipatif, politis, serta top down dan bottom up, dan berorientasi pada substansi holistik-tematik, integratif dan
spasial,” ujar Bung Edy ketika memberikan sambutan Pra Musrenbang.

Edy mengungkapkan pentingnya peran pemuda dalam memberikan aspirasi dan gagasan dalam pembangunan daerah Kota Malang.

Baca Juga: Jokowi Ajak Pers Bangun Harapan dan Optimisme Hadapi Pandemi dalam Peringatan Hari Pers Nasional 2021

Hal tersebut dikarenakan, berdasarkan hasil sensus penduduk Kota Malang menunjukan bahwa angka penduduk usia muda dan produktif cukup mendominasi.

"Potensi sumber daya manusia (SDM) Kota Malang luar biasa. Sehingga diharapkan para pemuda turut berperan aktif dan partisipatif dalam memberikan aspirasi dan gagasan untuk proses pembangunan. SDM adalah aset utama Kota Malang. Keseimbangan membangun karakter dan skill penguasaan pengetahuan menjadi kunci lahirnya generasi emas yang tak hanya berilmu, tapi juga berakhlak,” ujar
Bung Edi menegaskan.

Halaman:

Editor: Harbhimanyu Wicaksono

Sumber: Malangkota.go.id


Tags

Artikel Terkait

Terkini

X