Kunjungi Kabupaten Madiun, Gubernur Khofifah resmikan RS Joglo Dungus

- 4 Februari 2021, 13:08 WIB
Gubernur Khofifah resmikan RS Joglo Dungus /Kominfo Jatim/

PORTAL MALANG RAYA - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa meresmikan Rumah Sakit (RS) Lapangan Joglo Dungus di Kabupaten Madiun sebagai RS rujukan pasien Covid-19 pada hari Rabu, 3 Februari 2021.

RS joglo ini terletak di Desa Dungus, Kecamatan Wungu, Kabupaten Madiun. Di balik arsitekturnya yang unik ini, RS Joglo ini memiliki fasilitas 5 unit joglo, 3 rumah Limasan, 2 musala joglo (putra putri) dan 4 ruang pasien. Ada juga fasilitas pendukung, meliputi ruang UGD, ruang radiologi, laboratorium, poliklinik, area jogging track, dan tempat relaksasi untuk diperbantukan menangani pandemi Covid-19.

RS Lapangan Joglo Dungus yang berada di Kabupaten Madiun ini dibangun di sebagian area RS Paru Dungus. Rencananya RS Joglo ini akan memiliki kapasitas 150 bed untuk mengcover wilayah Mataraman khususnya kabupaten dan kota Madiun.

Baca Juga: Laporan Indeks Inflasi Jawa Timur di Bulan Januari, Kota Malang Terendah di Jawa Timur

Dikutip dari akun instagram Gubernur Jatim, nantinya RS Joglo ini akan digunakan untuk merawat pasien Corona dengan gejala ringan hingga sedang.

Dengan adanya RS lapangan Joglo ini, Khofifah berharap rencana memakai gerbong PT INKA sebagai ruang isolasi dalam penanganan Covid-19 di Madiun bisa dihitung ulang.

"Kalau pakai INKA biaya terlalu besar, kita hitung ulang apakah untuk masih akan siapkan di sana atau bagaimana kita putus, tentu harapan kita layanan ini akan memberikan percepatan dari seluruh proses pemutusan mata rantai penyebaran Covid-19," ujar Khofifah.

Baca Juga: Alami Kekalahan Saat Jamu Brighton, Liverpool Ulangi Memori Kelam 1984

Gubernur yang juga baru saja sembuh dari Corona ini berharap dengan adanya RS Joglo ini dapat banyak membantu dan menjadi solusi yang efektif dalam menangani pandemi Covod-19 ini. Apalagi menurutnya fasilitas di RS Joglo luas, indah, dan sehat.

"Menurut saya pasien di sini bisa keliling, jogging, suasananya cukup menyehatkan," kata Khofifah.

Halaman:

Editor: Harbhimanyu Wicaksono

Sumber: Kominfo Jatim


Tags

Artikel Terkait

Terkini

X