Waspadalah Jika Anda Pemilik Garis Keturunan Diabetes! Pahami Resiko Berikut ini, Simak Penjelasannya

- 28 Februari 2021, 22:50 WIB
Ilustrasi penyakit diabetes. /pixabay.com/stevepb

PORTAL MALANG RAYA - Perlu Anda perhatikan jika Anda mempunyai garis keturunan penderita diabetes, dengan melakukan pengecekan gula darah dan menerapkan pola hidup sehat.

Berdasarkan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memberikan pernyataan jika penyakit diabetes mellitus merupakan yang paling mematikan di dunia.

Penderita penyakit diabetes akan mengalami proses pengolakan glukosa atau kadar gula darah di dalam tubuh, hingga dapat mengakibatkan beberapa sistem kesehatan tubuh terganggu.

Baca Juga: Masih Binggung Membedakan Telur Infertil dan Fertil, Yuk Simak deh Penjelasan Lengkap Berikut ini

Diabetes mellitus dibagi menjadi dua jenis, yakni diabetes tipe 1 dan tipe 2. Kedua jenis tersebut dibedakan berdasarkan penyebabnya.

Diabetes tipe 1 terjadi karena masalah autoimun dimana sistem kekebalan tubuh yang semestinya bekerja melawan patogen, malah berbalik menyerang sel-sel beta dalam pankreas yang berfungsi memproduksi insulin.

Hal ini mengakibatkan tubuh tak mendapatkan suplai insulin yang cukup untuk mengurai glukosa menjadi energi sehingga terjadi penumpukan gula darah.

Baca Juga: Ingin Kulitmu Sehat Tanpa Pakai Skincare Mahal Ladies? Terapkan 5 Hal ini Yuk, Simak Penjelasannya

Kemudian pada Diabetes tipe 2, terjadi akibat tubuh tidak lagi merespon hormon insulin. Ini mengakibatkan insulin yang diproduksi pankreas tidak bekerja maksimal untuk mengurai glukosa.

Kondisi tersebut mirip terjadi pada diabetes tipe 1 dimana terjadi kondisi penumpukan gula darah.

Halaman:

Editor: Septiana Wulandari

Sumber: Mayo Clinic


Tags

Artikel Terkait

Terkini

X