Wow, Ini Dia, Ramen Kaktus ala Resto Aichi Jepang

- 10 Februari 2021, 21:08 WIB
Mie ramen / FB Kame Ramen /

 

PORTAL MALANG RAYA - Kaktus adalah jenis tanaman berduri yang biasa tumbuh di beberapa kawasan, termasuk di Jepang. Baru-baru ini, seorang juru masak profesional Restoran di Kasugai, prefektur Aichi, berhasil mengubah kaktus keras jadi lembut, selembut ramen yang biasa dijumpai di restoran-restoran Jepang.

Dilansir dari Asahi Shimbun, Minggu (7/2), awalnya Yoshishige Hase, sang juru masak, bersusah payah melunakkan kaktus yang luar biasa keras itu. Dimulai tahun 2005, tatkala Hase uji coba memasak kaktus lokal.

Ia membeli beberapa kaktus dari petani lokal, lalu kaktus-kaktus itu dipotong, ditanak bersama acar rebung. Namun, hasilnya masih kurang sedap. Ketika dicoba, tetap keras saat dikunyah. Praktis tidak mungkin menelan ramen kaktus itu karena serat kokohnya sangat keras, jadi harus dikeluarkan dari mulut.

Hase patah arang. Ia kapok memakai kaktus. Sempat terpikir, sajian ramen kaktus untuk disingkirkan dari daftar menu.

Baca Juga: Kominfo Blokir Tiktokcash, Tiktok: Kami Baru Tahu Ada Situs Itu

Namun, seorang pengunjung resto kemudian menyarankan Hase agar menggunakan kaktus muda untuk ditanak. Sebelumnya, Hase telah membeli kaktus dari seorang petani dan memasak apa adanya, tidak terlalu mempertimbangkan tahap di mana kaktus-kaktus itu sebenarnya siap ditanak.

Itulah kuncinya. Hase mencoba pakai kaktus berduri segar yang baru tumbuh, atau lazim disebut "uchiwa saboten" (kaktus kipas tangan) dalam bahasa Jepang. Ajaib, Hase sukses menananknya hingga lunak. Pengunjung tidak lagi khawatir dengan serat kaktus yang keras. Sebaliknya, hidangan tersebut memiliki kerenyahan dan kelengketan yang unik, bersama dengan rasa yang agak asam.

Kesuksesan Hase mengembangkan kuliner ramen kaktus lantas menarik perhatian para pengurus Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kasugai. Dikembangkanlah proyek aneka makanan berbahan dasar kaktus yang diharapkan bisa mendongkrak citra kota Kasugai.

Halaman:

Editor: Zaini Rahman

Sumber: Asahi


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

X