Kenali 5 Gejala Awal COVID-19

- 10 Juni 2020, 14:06 WIB
ilustrasi covid-19

PORTAL MALANG RAYA – Indonesia akan menyongsong masa "New Normal". Presiden Jokowi menyatakan, saat ini kita harus mampu berdamai dengan COVID-19. Namun, kehati-hatian dan kewaspadaan tetap yang utama.

Protokol kesehatan yang ketat, tetap dilakukan dalam masa New Normal. Namun yang paling utama, disiplin diri di saat pandemi seperti ini adalah kunci keselamatan. Menggunakan masker, sering cuci tangan yang bersih, dan mengambil jarak fisik dengan orang lain adalah beberapa hal yang harus tetap kita jaga dalam fase New Normal.

Baca Juga: Viral Lagu Berjudul Lathi dari Weird Genius Feat Sara Fajira, Ini Lirik dan Terjemahannya

Sebagai informasi, ada baiknya kita juga memahami gejala awal yang dialami oleh penderita COVID-19. Sehingga mengetahui lebih dini gejalanya, kita bisa mengambil langkah penyembuhan lebih awal juga.  

Menghadapi pandemi virus corona, tak hanya tenaga medis yang putar otak, tapi juga ilmuwan. Para ahli ini menemukan 5 indikator atau gejala awal pada tubuh yang diduga terjangkit COVID-19.

Salah satunya adalah diare. Memang seseorang yang menderita diare tidak selalu karena terjangkit virus corona. “Namun, diare telah dilaporkan sebagai gejala awal pada pasien positif COVID-19," ucap Dr Diana Gall Diana yang dikutip Jurnal Presisi dari The Sun, sebuah media terbitan Inggris.

Baca Juga: Lagu Lathi Mendunia, 3 Hal yang Wajib Kamu Ketahui dari Lagu Lathi

Tidak hanya probelm pencernaan, para ilmuwan menyebut setidaknya ada 5 gejala ringan terkait dengan COVID-19.

1. Muntah, Sakit Perut dan Diare
Ada studi baru yang diterbitkan dalam America Journal of Gastroenterology. Berdasarkan data 204 pasien COVID-19 di Hubei, Tiongkok, ditemukan hampir 50 persen pasien mengalami diare, muntah atau sakit perut.

Halaman:

Editor: Ratri Ni'mah

Sumber: The Sun


Tags

Komentar

Terkini

Kenali 5 Gejala Awal COVID-19

10 Juni 2020, 14:06 WIB

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X