Sudah Tahukah Anda Tentang Klasifikasi Diabetes dan Bahayanya? Yuk Simak Penjelasan Berikut ini

- 28 Februari 2021, 22:56 WIB
ILUSTRASI/penyakit diabetes.* /Pexels.com/Olya Kobruseva/

PORTAL MALANG RAYA - Diabetes adalah penyakit kronis yang menjangkit tubuh penderita yang rusak sehingga tidak dapat menggunakan kandungan gula pada tubuhnya dengan baik.
Penyebab dari kerusakan ini tidak diketahui secara pasti. Namun setidaknya terdapat pengaruh dari genetik dan lingkungan.

Secara garis besar gejala dari diabetes dapat dilihat apabila mengalami obesitas dan tingginya kadar kolestrol.

Diabetes terbagi menjadi 2, Penyebab utama dari diabetes tipe 1 adalah kekurangan produki insulin pada tubuh. Hal ini terjadi karena sel-sel yang bertugas untuk memproduksi insulin mengalami kerusakan.

Baca Juga: Waspadalah Jika Anda Pemilik Garis Keturunan Diabetes! Pahami Resiko Berikut ini, Simak Penjelasannya

Hal ini berbahaya karena insulin dibutuhkan untuk mendistribusikan gula darah ke sek-sel diseluruh tubuh. Kurangnya insulin pada tubuh menyebabkan gula masuk kedalam tubuh tertumpuk pada darah sehingga tidak menjadi energi karena tidak terdistribusikan ke sel tubuh.

Sedangkan diabetes tipe 2 terjadi karena tubuh masih tidak dapat mendistribusikan gula ke dalam sek tubuh untuk menjadi energi padahal insulin diproduksi secara normal.

Pada awalnya pankreas memproduksi lebih banyak insulin untuk mengatasi resistensi tubuh. Namun sel-sel ini kemudian menjadi aus. Sehingga tubuh menurunkan produksi insulin sehingga terlalu banyak gula yang tertinggal dalam darah.

Baca Juga: Masih Binggung Membedakan Telur Infertil dan Fertil, Yuk Simak deh Penjelasan Lengkap Berikut ini

Kondisi ini disebut sebagai prediabetes. Orang yang terkena prediabetes memiliki kadar gula pada darah yang lebih tinggi dari normal. Namun tidak cukup tinggi untuk bisa didiagnosis sebagai diabetes. Sehingga harus mengalami serangkaian tes terlebih dahulu.

Halaman:

Editor: Septiana Wulandari

Sumber: Healthline


Tags

Artikel Terkait

Terkini

X