Bisa Redakan Flu Dalam Beberapa Hari, Inilah Kandungan Gizi Sayur Brokoli

- 13 Februari 2021, 10:45 WIB
Ilustrasi sayur brokoli (Pixabay/ImageParty) /

PORTAL MALANG RAYA - Pilek dan flu biasa adalah dua infeksi yang sering terjadi dan penyebab utama demam, sakit tenggorokan, pilek, batuk dan bersin. Flu biasa disebabkan oleh sekitar 200 jenis virus, sedangkan virus influenza adalah penyebab utama flu.

Kita tahu bahwa mengonsumsi makanan yang makan bersih dan penuh gizi, sangat penting untuk kesehatan.

Beberapa buah dan sayuran dikemas dengan nutrisi yang terkenal dengan khasiat yang sangat baik untuk mengobati dan mencegah berbagai penyakit. Diantaranya, brokoli dianggap sebagai makanan yang pas untuk mengatasi gejala flu dalam waktu singkat.

Dilansir Portal Malang Raya dari laman Boldsky, brokoli merupakan sumber fitokimia yang sangat baik, termasuk sulforaphane, glukosinolat, fenolat, mineral makanan, dan vitamin antioksidan.

Baca Juga: Ozzy Osbourne Bersama Post Malone Luncurkan Music Video Terbaru Untuk Lagu ‘It’s A Raid’

Vitamin dalam brokoli termasuk vitamin kompleks yakni, C, A, E, K, mineral termasuk selenium, seng dan besi. Sedangkan polifenol termasuk quercetin, isorhamnetin dan glukosida.

Nutrisi tersebut bertanggung jawab atas aktivitas antioksidan, anti-inflamasi, dan peningkatan kekebalan tubuh yang kuat.

Fitokimia bioaktif yang diturunkan dari tumbuhan memiliki potensi antioksidan dan anti-inflamasi bagi manusia. Brokoli adalah sumber quercetin yang kaya sehingga dapat membantu mengobati infeksi rhinovirus.

Perawatan awal dengan makanan ini juga dapat membantu memblokir endositosis rhinovirus, atau dikatakan mengurangi partikel virus atau genom yang ditembus dalam sel manusia pada saat infeksi.

Studi lain berbicara tentang keberadaan vitamin C dalam brokoli, yang merupakan vitamin antioksidan kuat. Vitamin ini bersama dengan vitamin E, A dan K dan beta karoten menyebabkan efek perlindungan pada tingkat sel dan mengurangi risiko pilek dan penyakit lainnya.

Halaman:

Editor: Harbhimanyu Wicaksono


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

X